Rabu, 10 Maret 2010

semangat mengalahkan segalanya

Ketika semangat mengalahkan kelelahan

Kebetulan aja aku baru baca sebuah komik dari negeri sakura, Jepang. Tentunya di komik seperti itu pasti ada orang kuat, orang sombong, wanita cantik dan tokoh utamanya adalah orang lemah tapi punya semangat tinggi. Masih tentang komik, ternyata budaya Jepang pengen ngasih contoh yang baik dari komik. Contohnya doraemon. Di komik itu, nobitanya kan lemah, cengeng pokoknya nggak berdaya deh.

Tapi tetep aja sizuka suka sama nobita, biarpun nobita diejek, ditindas sama giant
dan suneo. Tapi semangat nobita yang harus ditiru, semangat mewujudkan mimpi –
mimpinya, malah nggak jarang kelemahan nobita membawa kebaikan bagi orang di sekitarnya.

Satu lagi detektif Conan. Dengan badan yang kecil itu, nggak malah bikin perjuangannya mengungkap kebenaran terhambat. Justru kelemahan itu dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menyamar. Semangatnya yang tinggi mengantarkan conan
menyelesaikan kasus demi kasus.

Inti dari itu semua, aku merasa kehilangan ketika komik yang aku baca sudah nyampe halaman terakhir. Tandanya aku kembali ke dunia nyata, dimana semangat dan pengorbanan yang besar tidak dihargai sebagai mana mestinya.

Aku bertanya pada diri sendiri..
1. Kapan kamu terakhir menyapa tukang sapu di kampusmu ?
2. Kapan kamu terakhir kali menyapa satpam penjaga kampusmu ?
3. Apa hari ini kamu sudah berterimakasih sama satpam yang jagain motormu ?
4. Apakah hari ini kasmu sudah menyapa temanmu yang biasanya duduk sendiri ?
5. Seberapa sering kamu menyemangati temanmu, walaupun lewat sms ?
6. Apa kamu pernah bilang terimakasih sama teman yang nyemangati kamu ?
7. Seberapa semangat kamu hari ini ?

Hahaha, aku sangat lelah dan lemah. Tapi aku sangat senang, aku ingin main terus, belajar terus ketemu teman – teman baru. Ketika aku sedang nggak semangat, aku selalu pergi mencarinya. Ketika sudah dapat, nggak begitu saja aku lepasin.

Biasanya aku menciptakan hal itu. Ketika kamu lagi males olahraga, tiba – tiba ada sms buat latian judo. Pastinya pasti semakin nggak semangat kan.. trus gimana caranya biar semangat dan nggak dihukum, padahal kalo nggak latian bakal ada hukumannya.

Gampang aja sih, lakuin aja kayak yang dilakuin Nobita. Cari penyemangat. Kalau Nobita punya Sizuka, aku punya siapa ? Aku punya banyak yang nyemangatin. Kalo temen
yang ada nggak bisa diandelin, cari aja temen yang baru. Biasanya buat cowok, kata – kata motivasi dari temen perempuannya lebih manjur. Apalagi kalau orang yang istimewa dari cowok itu.

Punya komunitas itu suatu kebutuhan. Komunitas dimana bisa menerima kita, dan tentunya kita nyaman di dekatnya. Mencari teman yang cocok nggak susah kok. Asal kita bisa membuka diri, tapi nggak nglanggar prinsip kita. Aku punya banyak brotherandsisterhood dimana – mana. Karena mereka bisa menerima semua kelebihan dan kekuranganku.

Banyak yang ngira semakin banyak kita memiliki kelebihan, semakin banyak kita dapet teman. Nggak juga. Malah banyak banget yang bahkan memandang kelebihan kita sebagai hambatan, bahkan menempatkan diri kita sebagai pesaing.

Berdasar pengalaman pribadiku, hubungan persaudaraan antar teman justru lebih awet ketika kita dihadapkan pada suatu kekurangan yang sama. Aku sangat banyak menemukan hal yang seperti itu.

Ketika suatu malam, aku duduk maen gitar. Mengingat kebaikan orang – orang disekitarku. Aku salut ketika memikirkan tentang teman – teman yang malah rela tidur di jalan, makan nasi sebungkus berlima, menawarkan minuman yang sedang dinikmatinya, semua demi aku temannya. Padahal, semua teman itu lebih membutuhkannya daripada aku. Jarang sekali aku bisa membalasnya. Aku juga sangat kesulitan mencontohnya. Semangat berbuat baik.

Ketika malam tiba, nggak ada lagi yang bisa kita lakukan untuk mengubah hari ini. Yang ada hanya kenangan dan penyesalan. Hari esok hanya khayalan yang belum tentu akan kita dapatkan. Di saat inilah, perasaan ini menagih janji untuk berbuat baik kepada semua.

Aku pernah merasakan penyesalan yang amat dalam, ketika orang yang terlalu baik, sangat senang membuatku tersenyum, tiba – tiba pergi sebelum aku bisa membuatnya tersenyum seperti yang dia lakukan. Dan aku belum tau apakah aku sempat membuatnya tersenyum.

Dan untuk semua orang, yang pernah berbuat baik padaku yang nggak bisa disebutkan satu – satu, baik itu sopir truk yang pernah aku tumpangi, petani yang pernah aku injak – injak sawahnya, tukang sapu yang aku kotori jalannya, pengguna jalan yang aku maki karena sedang kesal. Aku sangat berterima kasih, semangatmu menebarkan kebaikan sangat tulus. Dan kalian tidak pernah marah dengan tingkahku.

Dan teman – teman yang sekarang ,asih bersamaku. Jangan sungkan untuk mengingatkanku. Aku ingin membuat kalian senang di dekatku, senyum karenaku.

Di hari kematianku nanti, aku ingin tidak ada yang menangis. Aku ingin semua orang yang hadir tensenyum. Tersenyum dan bilang “ itu Willy, temanku yang sering merepotkanku, tapi aku senang “.

Semangat menebarkan kebaikan, saat pertama kali kalian datang. Dulu aku datang dengan keadaan yang tanpa apapun, dan sekarang aku mencuri dari kalian. Semangat kalian, semuanya tersimpan. AKU SAYANG KALIAN SAUDARAKU. Aku mulai lelah tanpa kalian.

1 comments:

Willy Agung Wicaksono mengatakan...

aku semangat kalo ada kamu..