Rabu, 10 Maret 2010

23


Aku lahir tanggal 23.
Tapi aku penasaran, apa sih istimewanya angka 23 ??
Ternyata setelah aku cari tau, ini yang aku dapet

Seberapa ajaib bilangan 23 sebenarnya erat kaitannya dengan keajaiban diri kita sendiri yang bisa berceloteh banyak hal dengan sistem desimal (0 sampai 9). Bilangan 23 yang banyak diobsesi oleh orang juga dengan jelas tersirat sebagai bagian dari jumlah ayat al-Qur’an yaitu 6236 ayat. Jadi berbeda dengan kebanyakan orang yang mengira jumlah ayat AQ 6666, ayat AQ mushaf Uthmani jumlahnya memang 6236. Kalau dirumuskan, jumlah ayat al-Qur’an ini memang mengandung suatu rumusan menarik :

1001x1x2x3+23x10=6236

Nah disisipkannya bilangan 23 diantara bilangan 66 sebenarnya menjelaskan kaitan erat antara Allah (66) dengan manusia sebagai al-Insan. Lantas apa artinya 23?


23 selain merupakan Identitas Universal bagi manusia yang berilmu pengetahuan 0 sampai 9 juga menunjukkan kaidah asal bagaimana pengetahuan kita muncul. Yaitu dari ibu jari dan telunjuk kita sendiri yang jumlah ruas tulangnya adalah 2 dan 3.. Inilah arti bilangan 23 yang secara simbolik sebenarnya selalu diacungkan oleh umat Islam setiap kali menyelesaikan 2 Rakaat sholatnya.

Karenanya, arti sesungguhnya bilangan 23 berhubungan erat dengan berbagai hal yang berkaitan dengan bagaimana kita menggunakan ilmu pengetahuan alam dengan basis desimal, abjad dan alfabet maupun sistem huruf lainnya yang bisa diterjemahkan dalam semua bahasa berbasis desimal, abjad dan alfabet. Artinya, bilangan 23 adalah bilangan check digit yang berhubungan dengan akhlak dan perilaku kita sendiri seiring dengan berjalannya waktu.

Makanya tidak mengherankan kalau semua kejadian akan berakhir di bilangan 23 sebagai faktor kesalahan manusia. Kitab-kitab agama sebenarnya secara tersirat sudah mengungkapkan kalau setiap perbuatan kita akan kembali kepada kita sendiri. Bagi umat beragama Islam, penangkal dari semua akibat buruk perbuatan kita tentunya adalah istighfar yang diucapkan setelah shalat 5 waktu. Nabi Muhammad beristigfar sehari semalam sekurangnya 70 kali dimaksudkan untuk menghindari kesalahan yang tak terduga dari perbuatannya. Ayat al-Qur’an yang juga digunakan untuk mencegah hal ini adalah ayat al-Kursy (QS 2:255) yang kodefikasi penomorannya menjelaskan hubungan antara perbuatan kita dan kemungkinan dampak buruknya.

Jumlah 6236 ayat did alam al-Qur’an sebenarnya merupakan bukti bagaimana penyusunan Al Qur’an dimaksudkan untuk menusia karena menjelaskan bagaimana cara untuk mengolah perilaku manusia sehari-hari, khususnya akibat ulah ibu jari dan telunjuknya yang suka menuding, menunjuk, mengobok-obok, menggenggam dan melakukan perbuatan lainnya.

Dalam penerapan modern, konsep misteri 23 juga digunakan sebagai suatu teknik untuk pengidentifikasina sidik jari. Bahkan yang lebih modern lagi juga dengan menggunakan sidik DNA untuk 2x23=46 kromosom kita.


Bilangan 23 bukanlah suatu misteri kalau kita sadar bahwa ilmu pengetahuan basis desimal , abjad dan alfabet, di desain secara harmonis dengan memperhatikan perbuatan kita kepada makhluk lainnya, perilaku kita dengan alam, dan hubungan kita dengan Allah sebagai Pencipta Makhluk.

Lalu tau nggak ada film judulnya “Number 23” ??




Satu yang menarik dari film The Number 23 adalah berbagai fakta mengenai keistimewaan angka 23 itu sendiri. Ternyata memang apa yg diangkat dalam film tersebut mengenai angka 23 benar-benar nyata, bahkan setelah di teliti dan diselidiki lebih lanjut angka ini banyak berperan dalam kehidupan. Tidak hanya itu, ternyata perjalanan sejarah juga membuktikan bahwa angka 23 banyak ditemui dan memiliki kaitan dengan banyak peristiwa sejarah. Fenomena tersebut dikenal sebagai the 23 enigma.

Matematika
• Dalam teori probabilitas/kemungkinan, bila ada grup yg terdiri dari 23 orang atau lebih secara acak, terdapat angka kemungkinan sebesar lebih dari 50% bahwa setidaknya terdapat dua orang mempunyai tanggal lahir yg sama.

Sejarah
• Para prajurit Templar memiliki 23 Grand Masters, yg terakhir Jacques de Molay.
• The Salt March, yg dipelopori oleh Mohandas Gandhi untuk memprotes kebijaksanaan pajak garam, berlangsung selama 23 hari.

Birth and Death
• William Shakspeare lahir pada 23 April 1564 (dibaptis pada 26 April 1564 karena pembaptisan dilakukan beberapa hari setelah tanggal kelahiran, tradisi telah menetapkan bahwa pada tgl.23 April adalah hari ulang tahun shakspeare), dan meninggal pada 23 April 1616.
• Aktor River Phoenix lahir pada 23 agustus 1970. ia meninggal pada umur 23, halloween 1993.
- Julius Caesar diperkirakan tewas akibant 23 tusukan saat ia dibunuh (masih perlu pembuktian).

Scientific
• Gen manusia memiliki 23 pasang kromosom.
• Pola kehidupan manusia berlangsung dan akan kembali berulang setelah masa 23 hari. Meskipun Herman Swoboda dan Wilhem Fliess, dua dokter yg pertama kali meneliti biorhytm, menegaskan bahwa 'pergerakan fisik' abusia adalah 23 hari, akan tetapi bio rhytm sangan spekulatif dan subjektif dimana mungkin bisa dipelajari, tetapi hasilnya pada setiap orang tidak mungkin sama, bahkan pada kembar identik sekalipun.

Mystic/Legendary
• Menurut ahli sejarah Yahudi, Flavius Josephus, dipercaya adam dan hawa memilik 23 keturunan (perlu pembuktian lebih lanjut).
• Baik kalendar purba Mesir maupun Sumeria sama-sama dimulai dari tanggal 23 Juli. Sistem penghitungan kalender tersebut sama-sama dimulai dari tanggal kemunculan matahari Sirius, dimana kejadian itu jatuh pada tanggal tersebut.

Musical References
• Lagu terakhir (juga terpendek) dalam rekaman terakhit The Beatles - Her Majesty, berdurasi 23 detik.
• Band progressif rock, Tool, memberi judul lagu terakhir di album terrakhir merekam 10.000 days, Viginity Tres dari bahasa latin yg berarti 23.
• Trio Country. She Daisy, membuat beberapa referensi 23 dalam lagu-lagu mereka, antara lain lagu yg berjudul 23 days dan lirik yg berbunyi " and there aint nobody want to mess with 23".
• Nama band rock legendaris U2, terdiri dari U dan angka 2, dimana U adalah abjad yg ke 21, yg apabila ditambahkan akan berjumlah 23.

Movie Reference
• Dalam SERENDIPITY, Sarah n' Jonathan secara acak memilih menekan tombol 23 dalam lift di hotel Waldorf Astoria.
• Dalam MATRIX RELOADED, pada opening code sequence,the final, nomor yg paling jelas tertera adalah 23, yg terlihat seakan-akan dilihat dari dalam sebuah cermin.
• Dalam THE FIFTH ELEMENT, cerita bergulir pada tahun 2263, diabad ke-23.
• Dalam CON AIR, terdapat tokoh narapidana, yg didakwa karena melakukan 23 perkosaan, yg membuatnya dijuluki Johnny 23.
• Dalam JEEPERS CREEPERS, makhluk film tersebut akan muncul untuk memangsa manusia setiap 23 tahun selama 23 hari.
• Dalam THE PRESTIGE, Alfred Borden ditempatkan dalam sel 23 D.
• Dalam A BEAUTIFUL MIND John Nash menerbitkan 23 teori matematika.

Jadi, itu mungkin sudah sangat cukup buat aku untuk merasa istimewa dengan tanggal kelahiranku.

Buat semua orang yang lahir di tanggal itu, inilah yang bisa aku bagi sama kalian, semoga bermanfaat.



2 comments:

Willy Agung Wicaksono mengatakan...

mantap ni..aku nggak nyangka
apa ada hubungannya sama kejadian akhir -akhir ini y ??

rinz mengatakan...

rumit, hun! ><
But i LIKE this!
thumbs up..